Pengembangan Media Kubus Baca Tulis untuk Keterampilan Membaca dan Menulis Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar

  • ERNITA PRATIWI
  • ASRI SUSETYO RUKMI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan prosedur pengembangan media dan untuk mengetahui kelayakan media Kubus Baca Tulis untuk keterampilan membaca dan menulis permulaan siswa kelas I sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau Researh and Development (R&D) menggunakan model ADDIE. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa media Kubus Baca Tulis yang digunakan untuk memfasilitasi siswa kelas I sekolah dasar dalam meningkatkan keterampilan membaca dan menulis permulaan . Hasil penilaian media Kubus Baca Tulis didapatkan melalui hasil validasi dan kepraktisan media Kubus Baca Tulis. Hasil validasi didapat dari ahli validasi materi dan ahli validasi media, sedangkan hasil kepraktisan didapat dari angket guru dan angket siswa sebagai pengguna media Kubus Baca Tulis. Hasil validasi media menunjukkan persentase sebesar 87% yang dikategorikan sangat valid, sedangkan hasil validasi materi menunjukkan persentase sebesar 93% yang menunjukkan sangat valid, sehingga media Kubus Baca Tulis dikatakan valid. Hasil kepraktisan yang didapat melalui respon guru memiliki persentase angka 100% kategori sangat praktis dan siswa memiliki persentase angka 100% menunjukkan kategori sangat praktis, sehingga media Kubus Baca Tulis dapat dikatakan valid dan praktis untuk digunakan.

Kata kunci: pengembangan, media kubus baca tulis, keterampilan membaca dan menulis permulaan


Published
2020-07-09
Section
Articles
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 0