PENGEMBANGAN MEDIA GARUDA ADVENTURE MATERI KEBERSATUAN DALAM KEBERAGAMAN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • CANDRA WIDYA MULIA
  • HENDRIK PANDU PAKSI

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu hal yang dapat digunakan sebagai alat bantu atau bahan ajar pendamping untuk menunjang keberhasilan dalam proses pembelajaran. Untuk itu dalam membuat atau menciptakan suatu media pembelajaran harus disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan dibuat semenarik mungkin agar siswa semakin senang, aktif dan mudah dalam memahami materi yang disampaikan atau diajarkan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui pengembangan media garuda adventure materi kebersatuan dalam keberagaman pada siswa kelas IV SD, dan (2) Mengetahui kevalidan dan kelayakan media garuda adventure untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall namun peneliti membatasi hanya pada 5 tahap penelitian yaitu: (1) Penelitian dan pengumpulan data, (2) Perencanaan, (3) Pengembangan draft produk, (4) Uji coba lapangan, dan (5) Revisi akhir atau penyempurnaan produk akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Data hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media dikategorikan sangat baik dengan persentase sebesar 91,67% dan 86,36% sehingga media dinyatakan valid dan layak untuk diujicobakan, (2) Data yang diperoleh dari uji coba lapangan terbatas melalui penilaian angket oleh siswa dikategorikan sangat baik dengan persentase sebesar 90,10%, sehingga media dinyatakan layak untuk diterapkan dalam pembelajaran, dan (3) Data dari hasil observasi atau pengamatan siswa selama menggunaan media garuda adventure dikategorikan baik dengan persentase sebesar 85% sehingga diketahui siswa menjadi aktif selama menggunakan media garuda adventure.

Kata Kunci: media pembelajaran, garuda adventure, kebersatuan dalam keberagaman






Published
2020-07-09
Section
Articles
Abstract Views: 131
PDF Downloads: 0