Pengembangan Media Poster Timbul Untuk Pembelajaran Menulis Persuasi di Kelas V Sekolah Dasar

  • SITI MARGIANTIN
  • SRI HARIANI

Abstract


Penelitian ini bertujuan memaparkan proses pengembangan, kevalidan, dan kepraktisan media poster timbul. Penelitian ini berjenis Research and Development (R&D)dengan mengacu pada model ADDIE oleh Robert Maribe Branch. Model pengembangan dengan 5 tahapan yaitu tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Hasil yang diperoleh adalah sebuah produk berupa media poster timbul yang digunakan untuk pembelajaran menulis persuasi siswa kelas V sekolah dasar. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik validasi dan angket. Hasil validasi media dan materi adalah 88% dengan kategori sangat valid. Hasil angket respon guru dan siswa adalah 97,5%. Dapat disimpulkan bahwa media poster timbul sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran menulis persuasi.

Kata Kunci: poster timbul, menulis persuasi

Published
2020-07-10
Section
Articles
Abstract Views: 89
PDF Downloads: 0