PENGEMBANGAN MEDIA BANU ADVENTURE BERBASIS ANDROID MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISWA SEKOLAH DASAR

  • Ayunda Mei Setiani Universitas Negeri Surabaya
  • Delia Indrawati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian pengembangan media game Banu Adventure berbasis android, bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembuatan media game Banu Adventure dan kelayakan media game Banu Adventure materi perkalian dan pembagian bilangan dasar. Manfaat pengembangan media game Banu Adventure ini dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran yang inovatif, kreatif, dan interaktif. Penelitian pengembangan media ini menggunakan model penilitian ADDIE yang didalamnya terdapat lima tahap yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Proses pengembangan media ini dimulai dari yang pertama menganalisis permasalahan dan kebutuhan, membuat desain atau rancangan awal media, proses pembuatan media serta melakukan validasi ahli materi dan media, melakukan uji coba terbatas terhadap produk, serta melakukan evaluasi di setiap akhir tahapan sebelum melakukan tahapan berikutnya. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh tingkat kelayakan media dari hasil uji validasi materi dengan persentase 84%, hasil uji validasi media dengan persentase 95%, dari hasil uji coba terbatas pada siswa dengan persentase 83.3%, serta dari hasil uji coba pada guru dengan persentase 82.7%. Berdasarkan hal itu dapat disimpulkan bahwa media game Banu Adventure berbasis android sangat layak digunakan untuk masyarakat khususnya siswa sekolah dasar yang mengalami kesulitan pada materi perkalian dan pembagian bilangan dasar.
Kata Kunci: Pengembangan, perkalian dan pembagian, game Banu Adventure, android, siswa sekolah dasar.

Published
2020-07-09
Section
Articles
Abstract Views: 111
PDF Downloads: 130