PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI TENTANG SUMBER ENERGI DAN PERUBAHANNYA PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

  • Khoirun Nisa' Universitas Negeri Surabaya
  • Julianto Julianto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Keterbatasan penggunaan media menyebabkan siswa kurang fokus dalam memahami materi pembelajaran.
Oleh karenanya peneliti kemudian melakukan pengembangan media monopoli tentang sumber energi dan
perubahannya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kevalidan media monopoli
sumber energi dan perubahannya pada kelas IV SD; (2) Untuk mengetahui kepraktisan produk media
monopoli sumber energi dan perubahannya berdasarkan hasil uji coba. Jenis penelitian yang digunakan
adalah Research dan Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Diperoleh hasil validasi
materi dengan persentase 82,22% dan validasi media dengan persentase 86%. Selanjutnya pada hasil
angket siswa diperoleh persentase sebesar 90,8%. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa pengembangan
media monopoli sumber energi dan perubahannya layak untuk digunakan.
Kata Kunci: pengembangan media, media monopoli, sumber energi.
Abstract

Published
2020-08-11
Section
Articles
Abstract Views: 337
PDF Downloads: 359