Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis ICT menggunakan iSpring Quizmaker 9.0 untuk Kelas V pada Pembelajaran Tematik Materi Perpindahan Kalor

  • Muhammad Gita Primaniarta Universitas Negeri Surabaya
  • Mulyani Mulyani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi terhadap masalah yang ditemukan guru kelas V saat melakukan kegiatan evaluasi pembelajaran yang kurang efektif dengan model manual atau tes menggunakan kertas. Untuk menyelesaikan permasalahan ini diperlukan alat evaluasi pembelajaran yang yang interaktif dan berbasis teknologi untuk memudahkan guru dalam membuat soal dan mengoreksi jawaban. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan alat evaluasi berbasis ICT (Information Communication, and technology) dengan software iSpring Quizmaker 9.0 untuk kelas V SD. Evaluasi pembelajaran yang dikembangkan memuat materi perpindahan kalor. Jenis penelitian yang disusun adalah penelitian pengembangan model ADDIE. Penelitian ini terdiri atas 5 tahapan sesuai dengan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V namun dikarenakan pandemik “COVID-19” tidak diperbolehkan mengumpulkan peserta didik. Oleh karena itu tahapan penelitian ini dibatasi hanya sampai pada penilaian validasi. Validasi pengembangan produk dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat evaluasi pembelajaran telah mendapatkan skor validasi oleh ahli media dengan presentase 90% dan memperoleh skor validasi ahli materi dengan presentase 82%. Dapat disimpulkan mengenai produk pengembangan merupakan media yang layak digunakan sebagai alat evaluasi pembelajaran berbasis ICT.
Kata Kunci: evaluasi, kalor, iSpring,

Published
2020-08-11
Section
Articles
Abstract Views: 165
PDF Downloads: 212