PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Aprilia Juwita Sari Universitas Negeri Surabaya
  • Fx Mas Subagio

Abstract

Pelaksanaan kegiatan pembelajaran kelas V SDN Pangkur 1 Ngawi masih didominasi oleh guru dengan menerapkan metode ceramah, kurangnya media pembelajaran serta sumber belajar terbatas pada buku paket mengakibatkan hasil belajar IPA siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa, hasil belajar IPA, serta kendala-kendala yang muncul selama pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran Role Playing. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif dengan dua siklus. Hasil persentase aktivitas guru pada siklus I adalah 67%, dan pada siklus II meningkat menjadi 89,3%. Sehingga, peningkatan aktivitas guru pada siklus I dan siklus II mencapai 22,3%. Hasil persentase aktivitas siswa pada siklus I adalah 67,5% dan pada siklus II meningkat menjadi 87,5%. Sehingga, peningkatan aktivitas siswa pada siklus I dan siklus II mencapai 20%. Ketuntasan klasikal hasil belajar IPA siswa juga mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 46% dengan rata-rata kelas senilai 71,4. Sedangkan pada siklus II, ketuntasan klasikal hasil belajar siswa mencapai 83,3% dengan rata-rata kelas senilai 82,75. Dapat disimpulkan dengan menerapkan metode pembelajaran Role Playing berhasil meningkatkan aktivitas guru dan siswa, hasil belajar IPA, serta kendala-kendala selama pelaksanaan pembelajaran dapat teratasi.

Kata Kunci: metode pembelajaran role playing, hasil belajar IPA, sekolah dasar.

  

Published
2020-08-11
Section
Articles
Abstract Views: 147
PDF Downloads: 398