LITERASI ZAKAT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR MELALUI DILEMMA STORY PEDAGOGY
Abstract
Seperti ikan yang hidup di akuarium, peneliti juga ingin berpindah dari akuarium kecil menuju akuarium yang lebih besar dan luas untuk mengubah pandangan menjadi lebih baik. Melalui refleksi kritis peneliti menggali identitas kultural peneliti selama menjadi siswa, mahasiswa, dan pendidik yang dapat mempengaruhi transformasi pembelajaran matematika di sekolah dasar untuk meningkatkan literasi zakat melalui dilemma story pedagogy. Peneliti juga menggali pandangan guru dan pengelola zakat yang dapat mempengaruhi pandangan literasi zakat melalui dilemma story pedagogy. Penelitian ini berjenis kualitatif transformatif. Metode yang digunakan adalah writing critical auto|ethnography inquiry dan writing as inquiry untuk membantu menggali serta memahami pengalaman peneliti selama menjadi siswa hingga calon pendidik. Wawancara semi-terstruktur juga digunakan sebagai metode penelitian untuk mengetahui pandangan guru dan pengelola zakat terhadap literasi zakat. Peran identitas kultural peneliti sebagai seorang muslim dan penerima manfaat dari zakat dapat mempengaruhi transformasi pandangan peneliti terkait literasi zakat pada pembelajaran matematika sekolah dasar melalui dilemma story pedagogy. Peneliti menyadari bagaimana dilemma story pedagogy yang dialami mengakibatkan terjadinya perubahan pandangan literasi zakat yang dimiliki. Melalui penelitian ini, dapat merubah pandangan peneliti dan partisipan penelitian meliputi siswa, guru, dan pengelola zakat bahwa pengalaman yang dimiliki mempengaruhi peningkatan pengetahuan serta pemahaman literasi zakat dalam diri peneliti.
Kata Kunci: Matematika SD, Literasi Zakat, Dilemma Story Pedagogy, Penelitian Transformatif.