Pengembangan Media Pembelajaran Kipas Gambar Berseri Untuk Mengembangkan Keterampilan Bercerita Siswa Kelas III Sekolah Dasar

  • Yulianto Hedi Prabowo Universitas Negeri Surabaya
  • Masengut Sukidi

Abstract

Media kipas gambar berseri adalah media yang berbentuk kipas tiga dimensi yang dapat digunakan dalam pembelajaran bercerita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media, kevalidan media, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran Kipas Gambar Berseri untuk mengembangkan keterampilan bercerita siswa kelas III sekolah dasar. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu ADDIE (analisis, perencanaan, pengembangan, penerapan, dan evaluasi). Hasil dari validasi media Kipas Gambar Berseri menunjukkan persentase penilaian sebesar 81, 67% dikategorikan sangat valid, sedangakan untuk hasil dari validasi materi menunjukkan persentase penilaian sebesar 82, 50% dikategorikan sangat valid tanpa ada revisi, sehingga dapat dikatakan Media Kipas Gambar Berseri valid. Hasil kepraktisan dan keefektifan yang didapat dari respon guru dan siswa menjukkan persentase sebesar 90, 00% dan 100% dikategorikan sangat praktis dan efektif, sehingga media Kipas Gambar Berseri dapat dikatakan layak untuk digunakan dan diharapkan dapat mengembangkan keterampilan bercerita pada siswa kelas III sekolah dasar.

Kata Kunci: Pengembangan Media , Kipas Gambar Berseri, Keterampilan Bercerita.

Published
2020-08-11
Section
Articles
Abstract Views: 194
PDF Downloads: 246