VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL TILUSE UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini yakni memaparkan proses pengembangan dan pemvalidasian perangkat pembelajaran model Tiluse untuk kemampuan literasi informasi siswa kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model ADDIE oleh Robert Maribe Branch yang terdiri dari lima tahapan analysis, design, development, implementation dan evaluation. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik validasi. Selanjutnya, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan kriteria validasi. Hasil validasi perangkat pembelajaran oleh dosen ahli mendapatkan nilai rata-rata 91,97 dan validasi oleh praktisi pembelajaran mendapatkan nilai rata-rata 94,22 dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil analisis, disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model Tiluse dinyatakan layak diterapkan untuk mengembangkan kemampuan literasi informasi.
Kata Kunci: validitas, perangkat pembelajaran, enam keterampilan besar, literasi informasi