IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERMUATAN 4 C (Critical thinking, Creativity, Character, and Communication) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS IV SDN KEDURUS III/430 SURABAYA.

  • Erlita Nanda Prayogi Universitas Negeri Surabaya
  • Heru Subrata

Abstract

Keterampilan 4C merupakan kecakapan hidup yang perlu dikembangkan melalui pendidikan  yang terdiri dari berpikir kritis, kreativitas, karakter, dan komunikasi. Keempat keterampilan tersebut merupakan kecakapan hidup abad 21 yang sedang dikembangkan oleh pemerintah melalui program pembelajaran kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah pembelajaran dan produk hasil implementasi model pembelajaran langsung bermuatan 4 C (Critical thinking, Creativity, Character, Communication) dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas IV SDN Kedurus III/430 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi proses pembelajaran, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas IV sudah memiliki keterampilan berpikir kritis, kreativitas, karakter, dan komunikasi dengan kategori yang baik melalui kegiatan pemblajaran puisi.

Kata Kunci: model pembelajaran langsung, keterampilan 4 C, menulis puisi

Published
2020-08-11
Section
Articles
Abstract Views: 277
PDF Downloads: 366