VALIDITAS BAHAN AJAR BERBICARA BERMEDIA FILM ANIMASI UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • Fania Rifatul Hanifah Universitas Negeri Surabaya
  • Maryam Isnaini Damayanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan tingkat kevalidan bahan ajar berbicara bermedia film animasi untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian dilakukan dengan prosedur pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evalution). Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu validasi bahan ajar, media film animasi, dan perangkat pembelajaran. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data kuantitatif yang diperoleh dari hasil validasi oleh dosen ahli dan data kualitatif yang diperoleh dari masukan serta saran yang diberikan oleh dosen ahli. Hasil validasi bahan ajar memperoleh persentase 82,5%, media film animasi memperoleh persentase 86,76%, dan perangkat pembelajaran memperoleh persentase 89,4%. Berdasarkan hasil validasi tersebut, bahan ajar, media film animasi, dan perangkat pembelajaran dapat dikategorikan sangat valid atau layak untuk digunakan dalam pembelajaran berbicara.

Kata Kunci: validitas, bahan ajar, berbicara, film

Published
2020-08-11
Section
Articles
Abstract Views: 120
PDF Downloads: 129