PENGEMBANGAN MEDIA POPSCRAP BOOK UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DI KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak
Media Popscrap Book merupakan media pembelajaran berupa kombinasi antara media Pop Up dan Scrap Book yang dikembangkan untuk keterampilan menulis teks eksposisi di kelas V sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkan kevalidan dan kepraktisan media Popscrap Book pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis teks eksposisi di kelas V sekolah dasar. Rancangan penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development milik Thiagarajan Sammel and Sammel yang disebut 4-D (four D model). Pengumpulan data menggunakan teknik validasi dan angket. Analisis data hasil validasi materi dan media serta hasil angket respon guru dan siswa dengan teknik persentase. Hasil validasi materi dan media adalah 88% dan 87% dengan kriteria sangat valid. Hasil angket guru dan siswa adalah 90% dan 96% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa media valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran menulis teks eksposisi di kelas V sekolah dasar.
Kata Kunci: media, Popscrap Book, menulis teks eksposisi