PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI DUA DIMENSI UNTUK KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • Lailatul Mufarrohah Universitas Negeri Surabaya
  • Asri Susetyo Rukmi

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan prosedur pengembangan media video animasi dua dimensi untuk keterampilan menulis puisi siswa kelas IV sekolah dasar dan mengetahui kualitasnya dari segi kevalidan dan kepraktisan media. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model ADDIE. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi dan lembar angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur pengembangan media melalui tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Adapun kevalidan media menunjukkan bahwa hasil validasi ahli media memeroleh nilai sebesar 88,57 dan hasil validasi ahli materi memeroleh nilai sebesar 93. Kepraktisan media menunjukkan bahwa hasil angket respon siswa memeroleh nilai sebesar 91,7 dan hasil angket respon guru memeroleh nilai sebesar 93,75. Dapat disimpulkan bahwa kevalidan media dan materi termasuk dalam kategori valid dan kepraktisan media termasuk dalam kategori sangat praktis.

Kata Kunci: pengembangan, media video animasi, dua dimensi, keterampilan menulis puisi.

Published
2020-08-12
Section
Articles
Abstract Views: 387
PDF Downloads: 332