PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAPPING TEMA CUACA KELAS III SEKOLAH DASAR

  • elsa adelia srimarsono Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Dari banyaknya materi yang terdapat pada kelas III SD, materi cuaca merupakan salah satu materi yang masih sulit dipahami oleh siswa. Maka dari itu penanganan atas masalah yang ada pada kelas ini perlu dilakukan, pengembangan media pembelajaran adalah salah satu solusinya. Dengan media yang menarik maka  pembelajaran akan lebih menyenangkan, sehingga memungkinkan siswa akan nyaman menerima materi yang disampaikan oleh guru. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Menggunakan model ADDIE dikarenakan sesuai dengan pengembangan media Mind Mapping yang terdiri atas 5 tahap pelaksanaan dalam penelitian. Media mind mapping yang dikembangkan dalam penelitian ini memperoleh nilai sebesar 3,5 (sangat valid) yang telah divalidasi oleh satu validator ahli. Berdasarkan perolehan nilai tersebut maka media mind mapping yang telah dikembangkan dalam penelitian ini sangat valid untuk pembelajaran materi cuaca pada kelas III SD.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Media Mind Mapping, Hasil belajar

Published
2020-08-12
Section
Articles
Abstract Views: 303
PDF Downloads: 270