PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK BERORIENTASI METODE EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN ILMU PEGETAHUAN ALAM SEKOLAH DASAR

  • Lazuardi Imani Al Sulaimany Uiversitas Negeri Surabaya
  • Julianto S.Pd., M.Pd.

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui kualitas LKPD yang dikembangkan berdasarkan aspek kevalidan dan kepraktisan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berorientasi metode eksperimen pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas V sekolah dasar.Jenis penelitan yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model Brog and Gall. Terdiri dari 6 tahapanyang digunakan sampai tahap 4 yaitu pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan bentuk awal produk (desain produk), revisi dan uji lapangan.Pada penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan angket yakni angket untuk validasi dan respon siswa. Teknik analisis dta menggunakan statistik deskriptif berupa presentase..  Hasil data validasi diperoleh dari hasil validasi ahli materi dan ahli media serta hasil data angket diperoleh dari hasil angket siswa. Hasil validasi materi diperoleh persentase 93,7% dan hasil validasi media diperoleh persentase 95% dengan kriteria sangat valid. Hasil angket siswa diperoleh persentase sebesar 90% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat kevalidan dan kepraktisan produk sehingga Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berorientasi metode eksperimen dapat digunakan pada mata pelajaran IPA kelas V sekolah dasar.

Kata Kunci:Pengembangan, Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), Metode Eksperimen, IPA

Published
2020-08-12
Section
Articles
Abstract Views: 129
PDF Downloads: 278