PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID MATERI KERAGAMAN RUMAH ADAT KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • Yulia Khusnul Hamidiyah Universitas Negeri Surabaya
  • Yoyok Yermiandhoko

Abstract

Pada penelitian pengembangan ini memiliki beberapa tujuan yaitu menjelaskan proses pengembangan media pembelajaran augmented reality berbasis android materi keragaman rumah adat di Indonesia, mengetahui kelayakan, dan efektivitas dari media pembelajaran augmented reality berbasis android materi keragaman rumah adat di Indonesia. Pengembangan media ini menggunakan model penelitian Borg dan Gall dengan skala kecil (Borg dan Gall 1983: 792) yang terdiri dari 6 tahapan penelitian pengembangan. Namun dalam penelitian ini peneliti menggunakan 7 tahapan penelitian. Hasil Penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti memperoleh persentase uji validasi materi sebesar 80%, uji validasi media sebesar 93,68%, serta rata – rata dari hasil angket respon pengguna memperoleh hasil persentase sebesar 94,67%. Dari hasil tersebut yang dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Rumah Adat Augmented Reality “RAAR” sangat layak untuk digunakan sebagai alternatif media pembelajaran berbasis ICT.

Kata Kunci: Pengembangan, media pembelajaran, Augmented reality, keragaman rumah adat, android.

Published
2020-08-13
Section
Articles
Abstract Views: 494
PDF Downloads: 991