Pengembangan Media PASUGI (Puzzle Sumber Energi) Sebagai Pembelajaran Sumber Energi Kelas IV Sekolah Dasar

  • Multazam Puja nur utama Universitas Negeri Surabaya
  • julianto S.Pd., M.Pd

Abstract

Pembelajaran siswa dikelas seringkali mengalami kesulitan dalam memahami konsep dari pembelajaran yang diajarkan oleh guru. Kesulitan yang sering dihadapi oleh siswa pada umumnya adalah pemahaman kesamaan konsep ilmu yang berbeda dengan yang diajarkan oleh guru kelasnya. Pada kondisi seperti ini guru membutuhkan media bantuan untuk mempermudah siswanya menangkap atau memahami pembelajaran yang diajarkan. Penelitian dengan judul “Pengembangan Media PASUGI (Puzzle Sumber Energi) Sebagai Pembelajaran Sumber Energi Kelas IV Sekolah Dasar” memiliki rumusan masalah bagaimana kelayakan media puzzel pada pembelajaran kelas IV tema 2 Seubtema 1 pembelajaran 1 terkait Sumber Energi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media puzzle yang dikembangkan menjadi puzzle sumber energi (PASUGI) untuk pembelajaran pada materi sumber energi kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Pengumpulan data Pada tahap ini  mengambil sampel data skala kecil. Data akan dianalisi dengan metode kuantitatif. Hasil validasi media pada penelitian mendapatkan persentase 70% yang dikategorikan valid, sedangkan hasil validasi materi oleh dosen ahli materi mendapatkan persentase 70% yang dikategorikan valid. Hasil kepraktisan yang didapat dari angket guru mendapatkan persentase 80% dengan kategori praktis, dan hasil angket peserta didik mendapatkan presentase  84 % dengan kategori sangat praktis. Sehingga media puzzle sumber energi (PASUGI) layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi Sumber energi kelas IV Sekolah Dasar.

Kata Kunci: Media pembelajaran, puzzle sumber energi, sumber energi.

Published
2020-08-30
Section
Articles
Abstract Views: 604
PDF Downloads: 871