Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Melengkapi Kalimat terhadap Keterampilan Menulis Teks Dongeng Siswa Kelas II SDN di Kecamatan Mojosari Mojokerto

  • Rizkha Nur Azizah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK

 

PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MELENGKAPI KALIMAT TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS DONGENG SISWA KELAS II SDN

DI KECAMATAN MOJOSARI MOJOKERTO

 

Nama                           : Rizkha Nur Azizah

Nim                             : 14010644116

Program Studi             : S-1

Jurusan                        : Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Nama Lembaga           : Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing                : Dra. Asri Susetyo Rukmi, M. Pd.

 

      Strategi pembelajaran melengkapi kalimat dapat digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis teks dongeng. Strategi melengkapi kalimat merupakan cara yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan materi, dengan mengarahkan siswa untuk belajar melengkapi paragraf yang belum sempurna dengan pilihan kata yang disediakan. Dengan strategi melengkapi kalimat siswa dibantu dalam menuliskan kembali isi teks dongeng melalui proses melengkapi kalimat-kalimat rumpang dongeng yang diberikan. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan strategi melengkapi kalimat terhadap keterampilan menulis teks dongeng siswa kelas II SDN  di Kecamatan Mojosari Mojokerto.

      Jenis penelitian ini menggunakan quasy experimental dengan rancangan nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa kels IIB SDN Wonokusumo sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa dan siswa SDN Seduri sebagai kelas kontrol dengan jumlah 28 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Analisis data instrumen dilakukan dengan uji validitas instrumen dan uji reliabilitas. Sedangkan analisis data hasil penelitian dilakukan dengan uji normalitas dan uji hipotesis.

       Hasil uji normalitas kelas eksperimen didapatkan hasil signifikan nilai pretest secara manual sebesar lhitung 0,1121 < ­ltabel 0,161 sehingga dapat dikatakan berdistribusi normal. Hasil signifikan nilai posttest secara manual sebesar  lhitung0,1309 < ­ltabel 0,161 sehingga dapat dikatakan data tersebut berdistribusi normal. Hasil uji hipotesis nilai pretest dengan thitung sebesar 1,6 < 2,00324 yang menunjukkan tidak adanya perbedaan antara kelas eksperimen dan kontrol. Sementara itu, hasil posttest sebesar 5,12>2,00324 yang menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada penerapan strategi melengkapi kalimat di kelas eksperimen. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penerapan strategi pembelajaran melengkapi kalimat terhadap keterampilan menulis teks dongeng siswa kelas II SDN di Kecamatan Mojosari Mojokerto.

 

Kata kunci : strategi pembelajaran melengkapi kalimat, keterampilan menulis teks dongeng

Published
2020-09-10
Section
Articles
Abstract Views: 258
PDF Downloads: 0 PDF Downloads: 140