PENGEMBANGAN BUKU SUPLEMEN UNTUK KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • mohammad habiburrahman arif Universitas Negeri Surabaya
  • asri susetyo rukmi

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan proses pengembangan buku suplemen untuk keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV sekolah dasar dan mengetahui kualitas buku suplemen berdasarkan aspek kevalidan dan kepraktisan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model ADDIE. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini menggunakan lembar validasi pada aspek kevalidan dan lembar angket pada aspek kepraktisan. Hasil penelitian pengembangan buku suplemen menunjukkan bahwa proses pengembangan buku suplemen melalui lima tahapan yaitu (1) tahap analisis, (2) tahap perancangan, (3) tahap pengembangan, (4) tahap implementasi, (5) tahap evaluasi. Kevalidan buku suplemen diperoleh melalui proses validasi kepada dosen ahli yang menunjukkan hasil validasi media dengan nilai 85 dan hasil validasi materi dengan nilai 93. Sementara itu kepraktisan buku suplemen diperoleh melalui proses uji coba skala kecil yang menunjukkan hasil angket siswa dengan nilai 100 dan hasil angket guru dengan nilai 100. Berdasarkan kualitas pada aspek kevalidan dan kepraktisan, dapat disimpulkan bahwa buku suplemen yang dikembangkan layak digunakan pada kegiatan pembelajaran menulis deskripsi untuk siswa kelas IV sekolah dasar.

Kata Kunci: pengembangan, buku suplemen, keterampilan menulis deskripsi.

Published
2020-11-12
Section
Articles
Abstract Views: 192
PDF Downloads: 579