PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN ULAR TANGGA MELINGKAR PADA MATA PELAJARAN IPA DALAM MATERI GAYA UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • Dwiky Satria Dana Universitas Negeri Surabaya
  • Mulyani mulyani

Abstract

Kurangnya penggunaan dan inovasi media dalam kegiatan pembelajaran dapat mengakibatkan kurang menariknya kegiatan pembelajaran dan rendahnya semangat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan kevalidan media pembelajaran permainan papan ular tangga pada mata pelajaran  IPA dalam materi gaya. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan  model ADDIE yang diadaptasi dari Suryani. Hasil penilaian dari dua validator materi mendapatkan persentase sebesar 77,5% dan 80%. Penilaian dari dua validator media mendapatkan persentase sebesar 83,33%, 85,41%, dan 91,66%. Berdasarkan hasil yang didapat maka disimpulkan bahwa media yang dikembangkan dinyatakan “sangat valid” dan materi dinyatakan “valid”.

Kata Kunci: pengembangan, permainan papan ular tangga, materi gaya.

Published
2020-12-07
Section
Articles
Abstract Views: 124
PDF Downloads: 145