PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN I-SPRING PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI IDENTIFIKASI MACAM-MACAM GAYA KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • favian melodias setianugraha Universitas Negeri Surabaya
  • fx. mas subagio

Abstract

Penelitian ini berangkat dari berbagai permasalahan yang timbul dari siswa, guru dan kondisi. Pada siswa terdapat pada masalah kesulitan belajar dalam memahami materi identfikasi macam-macam gaya yang disebabkan oleh terlalu banyaknya materi yang harus dihafalkan dan dipahami oleh siswa. permasalahan pada guru terletak  pada metode pengajaran guru yang bersifat “teacher center learning” atau berpusat pada guru, dan guru tidak menggunakan sarana atau media dalam penyampaian materi. Pada kondisi, terletak kepada adanya pandemi covid-19 yang mengaharuskan kegiatan belajar mengajar dirumah. Sehingga memerlukan sebuah media pembelajaran  yang dapat digunakan oleh siswa dirumah dan menyenangkan bagi siswa. untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan sebuah media pembelajaran I-spring yang dikembangkan dengan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Hasil dari penelitian pengembangan I-spring didapatkan pada valdiasi materi yang mendapatkan skor 84% (valid) dan validasi media yang mendapatkan skor 83% (valid). Hal ini membuktikan bahwa media pembelajaran I-spring layak untuk digunakan dan layak untuk mengatasi permasalahan-permasalahan diatas.

Kata Kunci: I-spring, identifikasi macam-macam gaya, pengembangan

Published
2020-12-13
Section
Articles
Abstract View: 369
PDF Download: 274