pengembangan media mind mapping terhadap kreativitas siswa mata pelajaran IPA kelas IV sekolah dasar

  • putri dwi nurani Universitas Negeri Surabaya
  • suryanti suryanti

Abstract

Kurangnya penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran mengakibatkan kurang tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan. Hal ini akan mempengaruhi kondisi kognitif siswa yang mana kondisi kognitif siswa juga mempengaruhi daya kreativitas yang dimiliki siswa. Oleh karena itu peneliti melakukan pengembangan media Mind Mapping untuk meningkatkan daya kreativitas yang dimiliki oleh siswa melalui media Mind Mapping materi gaya pada mata pelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mengetahui kevalidan media Mind Mapping terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV Sekolah Dasar (2) Mengetahui kepraktisan media Mind Mapping terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan validasi media, validasi materi, dan angket respon siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian media Mind Mapping ini diperoleh dari hasil validasi dan pengisian angket respon siswa. Hasil dari validasi media memperoleh nilai presentase sebesar 84 % yang termasuk dalam kategori sangat valid, selanjutnya untuk validasi materi memperoleh nilai presentase sebesar 81,5 % yang termasuk dalam kategori sangat valid. Sedangkan untuk hasil kepraktisan media diperoleh dari pengisian angket respon siswa yang memperoleh nilai presentase sebesar 90,8 % yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media Mind Mapping materi gaya pada mata pelajaran IPA kelas IV sekolah dasar layak digunakan

Kata Kunci: pengembangan media, media Mind Mapping, gaya

Published
2020-12-14
Section
Articles
Abstract View: 144
PDF Download: 78