PENERAPAN TEKNIK INTERAKSI STRATEGIS DI PIETRO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VI SDN KARANGDOWO BOJONEGORO

  • dwi kusuma dani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Menerapkan teknik interaksi strategis Di Pietro pada pembelajaran Bahasa Indonesia dapat membantu siswa dalam melatih keterampilan berbicara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan teknik interaksi strategis Di Pietro, mendeskripsikan aktifitas guru dan siswa, serta mendeskripsikan hasil belajar keterampilan berbicara siswa setelah menerapkan teknik interaksi strategis Di Pietro. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Karangdowo Sumberrejo Bojonegoro yang berjumlah 12 siswa. Teknik dalam mengumpulkan data penelitian menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif  kualitatif. Kemampuan berbicara siswa mengalami peningkatan selama dua siklus. Pada siklus pertama rata-rata kelas siswa memperoleh skor 66,25 dan jumlah siswa yang sudah tuntas belajar sebanyak 3 siswa dengan persentase ketuntasan sebesar 25%. Pada siklus kedua rata-rata kelas siswa memperoleh skor 81,5 dan jumlah siswa yang sudah tuntas belajar sebanyak 12 siswa dengan persentase ketuntasan memperoleh sebesar 100%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan teknik interaksi strategis Di Pietro dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VI SDN Karangdowo Sumberrejo Bojonegoro.

Kata Kunci : Keterampilan berbicara, Teknik Interaksi Strategis Di Pietro

Published
2020-12-18
Section
Articles
Abstract View: 74
PDF Download: 28