Pengembangan Media Wayang Kertas Pada Materi Keberagaman Kebudayaan Di Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar

  • rizqy amelia choir universitas negeri surabaya
  • hendrik pandu paksi

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam ,mencapai tujuan pembelajaran. Karena media pembelajaran adalah alat komunikasi dalam menyampaikan materi pelajaran. Namun dalam pembuatan dan penggunaan media pembelajaran harus disesuaikan dengan materi pelajaran, peserta didik serta guru. Tujuan dari penelitian pengembangan ini yaitu : (1) menghasilkan produk media wayang kertas materi keberagaman kebudayaan di Indonesia, (2) mengetahui kelayakan media wayang kertas. Penelitian ini dilakukan dengan uji coba terbatas dengan subjek penelitian peserta didik kelas tinggi di beberapa sekolah di kecamatan Duduk Sampeyan. Penelitian ini berpedoman pada desain penelitian pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu (1) analiyze ( analisis) , (2) design ( desain ) , (3) develop ( pengembangan ), (4) implement ( implementasi ) , dan (5) evaluate( evaluasi ). Pada tiap tahap dalam penelitian jugaterdapat proses evaluasi dan diakhiri dengan evaluasi akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media wayang kertas memenuhi kriteria validasi layak dengan validasi ahli materi 89,2% dan validasi ahli media 78,2% serta uji coba terbatas dengan hasil 100%. Berdasarkan hasil keseluruhan analisis data, dapat disimpulkan bahwa produk wayang kertas layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi keberagaman kebudayaan di Indonesia kelas IV sekolah dasar.

Kata kunci : wayang kertas, keberagaman kebudayaan

Published
2020-12-20
Section
Articles
Abstract View: 204
PDF Download: 145