PENGEMBANGAN MEDIA ENSIKLOPEDIA POP-UP BOOK MATERI KENAMPAKAN ALAM (STUDI EMPIRIS PADA SISWA KELAS V MI MAMBAUL ULUM SURABAYA)

  • Lindah Lanasari Universitas Negeri Surabaya
  • Putri Rachmadyanti

Abstract

Pada proses pembelajaran ada faktor yang memengaruhi berhasilannya, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor lain yang juga mempengaruhi adalah komunikasi yang terjadi antara guru dan siswa. penelitian ini enghasilkan suatu produk pengembangan yaitu Ensiklopedia Pop-Up Book Materi  Kenampakan Alam yang bertujuan untuk memaparkan langkah mengembangkan media Ensiklopedia Pop-Up Book Kenampakan Alam pada materi kenampakan alam bagi siswa kelas V SD dan mengukur kelayakan media Ensiklopedia Pop-Up Book Kenampakan Alam pada materi kenampakan alam bagi siswa kelas V SD.Penelitian ini menggunakan jenis Research and Development (R&D) Hasil penelitian dengan presentase nilai kelayakan validasi media sebesar 78,6% dan persentase validasi materi sebesar 84%. Selain itu, hasil Uji Coba terbatas menunjukkan presentase sebesar 91,2% dengan kriteria sangat layak. Dan hasil presentase Uji Coba Operasional Lapangan sebesar 95,7% dengan kriteria sangat layak. Dalam tahapan Uji Kelayakan pada Uji Coba Operasional Lapangan mendapat rata-rata nilai post-test siswa yakni 82 yang lebih besar dari KKM sekolah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media “Ensiklopedia Pop-Up Book Materi Kenampakan Alam” layak digunakan sebagai media pendamping dalam pembelajaran dan mampu meningkatkan motivasi siswa dalam belajar khususnya pada materi tentang Kenampakan Alam.

Kata kunci: Media Ensiklopedia, Pop-up Book, Materi Kenampakan Alam

Published
2021-01-03
Section
Articles
Abstract Views: 82
PDF Downloads: 209