PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MODEL COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS RINGKASAN PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis model Cooperative Script bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis model Cooperative Script dan menjelaskan validitas Lembar Kerja Peserta Didik berbasis model Cooperative Script untuk meningkatkan keterampilan menulis ringkasan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan model 4D (Four-D) dengan jenis data kuantitatif dari hasil penelitian lembar validasi dan data kualitatif diperoleh dari masukan serta arahan dosen ahli. Teknik pengumpulan data memakai lembar instrumen validasi materi berupa Lembar Kerja Peserta Didik. Hasil validasi Lembar Kerja Peserta Didik memperoleh skor 48 dari 60 dengan persentase kelayakan 80% dan tergolong dalam kategori valid serta layak diujikan dan digunakan untuk kegiatan pembelajaran menulis ringkasan.
Kata Kunci: pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik, model Cooperative Script, menulis ringkasan.