Pengembangan LKPD Tematik Berbasis Probing-Prompting pada Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar

  • arofah ulya hidayati Universitas Negeri Surabaya
  • mulyani .

Abstract

Pada proses pembelajaran banyak berbagai faktor yang memengaruhi dalam keberhasilan pemebelajaran, salahsatu faktor yang memengaruhi yakni faktor internal maupun eksternal terjadi pada komunikasi yang terjadi Antara guru dan peserta didik. Penelitian ini mengembangkan LKPD tematik berbasis probing-propmting tema 7 peristiwa dalam kehidupan peserta didik kelas V sekolah dasar. Tujuan penelitian ini yakni mendeskripsikan proses pengembangan LKPD tematik berbasis probing-prompting. Penelitian ini menggunakan jenis Research and Development (R&D). Hasil penelitian dengan persentase nilai di kategorikan Valid materi sebesar 90% dan 96%,  dan persentase validasi ahli media sebesar 75% dan 88%. Hasil dari ahli materi menunjukkan dengan kriteria validasi dan dari ahli validasi ahli media kategori sangat valid. Hasil validasi dari guru kelas V menunjukkan persentase mencapai nilai 93% untuk validasi media dan nilai 95 untuk validasi materi.Dalam tahapan penerapan, dilakukan uji coba skala kecil dengan hasil pembelajaran mencapai persentase 75% untuk tugas 1 dan 83% untuk tugas 2. Dengan adanya pengembangan LKPD ini dapat digunakan pada pembelajaran, guru bisa terbantu dengan menggunakan media tersebut.

Kata Kunci: Materi kehidupan peserta didik, Probing-prompting, Tematik.

Published
2021-01-15
Section
Articles
Abstract Views: 89
PDF Downloads: 43