PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA UNTUK PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS III SEKOLAH DASAR

  • Isna Rahmawati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran ular tangga dan mengetahui tingkat kevalidan media tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah 4D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: define (pendefinisian), design (perencanaan), development (pengembangan), dan diseminate (penyebaran). Media dikembangkan untuk peserta didik kelas III Sekolah Dasar.  Kegiatan validasi yang pertama adalah validasi media yang dilakukan oleh ahli media dengan persentase kelayakan sebesar 88,39%. Kegiatan validasi kedua adalah validasi materi matematika dan materi IPA yang dilakukan oleh ahli materi. Validasi materi matematika memperoleh persentase kelayakan sebesar 85%, sedangkan materi IPA memperoleh persentase kelayakan sebesar 86,25%. Kegiatan validasi yang ketiga adalah penilaian media oleh guru kelas dengan persentase kelayakan sebesar 97,5%. Berdasarkan hasil validasi dari para ahli, maka dapat dikatakan bahwa media ular tangga sangat valid dan layak digunakan untuk peserta didik kelas III Sekolah Dasar.

Kata Kunci: Ular Tangga, Pembelajaran Tematik, Matematika dan  IPA, Kelas III Sekolah Dasar.

Published
2021-03-02
Section
Articles
Abstract View: 99
pdf Download: 28