ANALISIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI APLIKASI WHATSAPP DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA SEKOLAH DASAR

  • Hanisah Damayanti Universitas Negeri Surabaya
  • Wiryanto Wiryanto

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran, penilaian dalam pembelajaran dan hambatan serta solusi untuk mengatasi hambatan dalam pembelajaran matematika yang dilakukan secara daring melalui aplikasi WhatsApp di masa pandemi covid-19. Pelaksanaan penelitian di SDN Plosogeneng 1 Jombang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman wawancara dan pedoman studi dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa perencanaan pembelajaran di SDN Plosogeneng 1 Jombang menggunakan RPP daring untuk pembelajaran tematik dan RPP tatap muka untuk pembelajaran matematika. Proses pembelajaran dilakukan oleh guru melalui aplikasi WhatsApp dengan membentuk grup WhatsApp yang beranggotakan siswa dan guru. Penilaian dalam pembelajaran matematika yang dilakukan secara daring melalui aplikasi WhatsApp meliputi penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan. Hambatan yang dialami oleh guru dan siswa yaitu sulit untuk belajar mengoperasikan aplikasi atau platform belajar online. Upaya yang telah dilakukan oleh guru yaitu guru belajar secara otodidak berbagai macam aplikasi atau platform belajar online dan mengupayakan pembelajaran daring dengan memilih aplikasi pendukung yang sesuai dengan kondisi dan situasi siswa.

Kata Kunci: daring, matematika SD, pandemi covid-19, WhatsApp.

Published
2021-03-04
Section
Articles
Abstract Views: 577
PDF Downloads: 425