PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ICT RODA PINTAR BANGUN DATAR “ROTARunTAR” DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERISASI MATEMATIKA SEKOLAH DASAR

  • Anggi Rizka Vionita Universitas Negeri Surabaya
  • Delia Indrawati

Abstract

Media ROTARunTAR merupakan media berbasis ICT yang menggunakan bantuan adobe flash. Media ini dikembangkan peneliti dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi numerisasi pada siswa Sekolah Dasar. Media ROTARunTAR memiliki kepanjangan yaitu Roda Pintar Bangun Datar yang memuat mata pelajaran matematika materi bangun datar. Pengembangan media ROTARunTAR ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D). Pengumpulan data menggunakan angket, kuisioner, wawancara. Pengembangan media ini melalui 5 tahapan saja yaitu tahap pengumpulan data menggunakan wawancara terhadap guru, tahap perencanaan menggunakan angket untuk validasi ahli media dan ahli materi, tahap pengembangan produk awal, tahap uji coba produk terbatas dan tahap penyempurnaan produk. Hasil analisis data untuk kelayakan media ROTARunTAR ahli media sebesar 92% dan ahli materi sebesar 94%. Meskipun hasil kelayakan media pada kategori sangat baik, peneliti tetap menyempurnakan media ROTARunTAR agar lebih layak saat digunakan. Hasil penelitian pada keefektifan media ROTARunTAR diperoleh berdasarkan persentase ketuntasan belajar 96,6%, dan memperoleh hasil N-gain sebesar 0,78. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan pengembangan media ROTARunTAR layak 94 % dan efektif 96,6% digunakan untuk siswa Sekolah Dasar untuk meningkatkan literasi numerisasi pada materi bangun datar.

Kata Kunci: Pengembangan, Media ROTARunTAR, ICT, Literasi Numerisasi, Bangun Datar

Published
2021-03-04
Section
Articles
Abstract View: 131
pdf Download: 121