ANALISIS MISKONSEPSI SISWA SD DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI JARAK, WAKTU, DAN KECEPATAN MENGGUNAKAN CERTAINLY OF RESPONSE INDEX (CRI)

  • ira fatmasari Universitas Negeri Surabaya
  • Wiryanto wiryanto

Abstract

Abstrak: Adanya miskonsepsi yang dialami oleh peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita khususnya pada materi jarak, waktu, dan kecepatan menjadi salah satu faktor yang mendorong dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk memberikan deskripsi mengenai bentuk miskonsepsi yang terjadi, serta menentukan presentase dari bentuk miskonsepsi peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita materi jarak, waktu, dan kecepatan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jotosanur 1 Lamongan dengan subjek penelitian sebanyak 13 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan tes soal diagnostik dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu terdapat 4 bentuk miskonsepsi yang dialami oleh peserta didik SDN Jotosanur 1 Lamongan yang meliputi miskonsepsi sistematika, miskonsepsi dasar, miskonsepsi perhitungan, dan kesalahan interpretasi bahasa. Hasil presentase menunjukkan bahwa terdapat 45,5% atau sebanyak 5 peserta didik mengalami miskonsepsi sistematika, 45,5% atau sebanyak 5 peserta didik mengalami miskonsepsi dasar, 54,5% atau sebanyak 6 peserta didik mengalami miskonsepsi perhitungan, dan 9,1% atau sebanyak 1 peserta didik mengalami kesalahan interpretasi bahasa. Sehingga dapat diketahui bahwa kategori miskonsepsi pada peserta didik SDN Jotosanur 1 Lamongan menunjukkan miskonsepsi sistematika berada pada kategori sedang, miskonsepsi dasar pada kategori sedang, miskonsepsi perhitungan pada kategori sedang, dan kesalahan interpretasi bahasa dalam kategori rendah.

Kata Kunci: Miskonsepsi, Certainly of Response Index, Jarak Waktu dan Kecepatan.

 

Abstrak: There is misconceptions experienced by students in solving story problems, especially on distance, time, and speed materials, thus became a factors that encourage the researcher to conduct this study. The aims of this study was to provide a description of the form of misconceptions, and determine the percentage of misconceptions by students in solving the problems about distance, time, and speed. This research was conducted at SDN Jotosanur 1 Lamongan with 13 students. The researchers was used diagnostic tests and interviews as data collection techniques. The data was analyze in several stage which are reduction, data presentation, and conclusion. This study showed there is misconceptions experienced by students of SDN Jotosanur 1 Lamongan which include systematic misconceptions, basic misconceptions, misconceptions of calculations, and misinterpretation of language. The results revealed that there were 45.5% or 5 students experiencing systematic misconceptions, 45.5% or 5 students experiencing basic misconceptions, 54.5% or 6 students experiencing misconception of calculations, and 9.1% or 1 student experiencing language interpretation errors. Thus, it can be conclude that there is two misconception category in students of SDN Jotosanur 1 Lamongan, the systematic misconceptions, basic misconceptions and misconceptions of calculations is in the medium category, and misinterpretation of languages in low categories.

Keywords: Misconceptions, Certainly of Response Index, Distance Time and Speed.

Published
2021-03-16
Section
Articles