ANALISIS KENDALA GURU DALAM PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPS BERBASIS PENDIDIKAN NILAI DI SDN KANDANGAN III/621 SURABAYA

  • Amarylis Gita Isnawati Universitas Negeri Surabaya
  • Putri Rachmadyanti

Abstract

Penerapan nilai-nilai luhur kehidupan melalui pembelajaran IPS merupakan hal yang sangat penting. Hal ini dikarenakan pembelajaran IPS sangat dekat kaitannya dengan interaksi sosial antara peserta didik dengan masyarakat luas. Oleh sebab itu penting bagi peserta didik untuk memiliki nilai-nilai luhur kehidupan serta mengerti mengapa nilai-nilai tersebut harus dimiliki dalam kehidupan bermasyarakat. Penerapan nilai-nilai luhur kehidupan pada pembelajaran IPS dapat tercapai secara maksimal jika guru menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang sesuai adalah model pembelajaran Problem Based Learning yang menerapkan masalah sosial bersifat autentik sebagai topik utama dalam pembelajaran. Meskipun model pembelajaran ini dinilai cukup efektif, namun masih tetap ada kendala yang dialami oleh guru saat menerapkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi dan upaya yang dilakukan oleh guru dalam implementasi nilai-nilai luhur dalam pembelajaran IPS serta mendeskripsikan kendala yang dialami guru dalam menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran IPS berbasis pendidikan nilai. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas 4, 5, dan 6 SDN Kandangan III/621 Surabaya yang cukup sering menerapkan Problem Based Learning sebagai upaya implementasi nilai pada pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa kendala yang dialami guru dalam menerapkan model Problem Based Learning terbagi dalam tahap persiapan pembelajaran, tahap pelaksanaan pembelajaran, serta tahap penilaian dan evaluasi.

Kata Kunci : Problem Based Learning, Pembelajaran IPS, Implementasi nilai.

Published
2021-04-13
Section
Articles