PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA IPA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Aulia Firdaus Sugiarto Universitas Negeri Surabaya
  • Julianto Julianto

Abstract

Permasalahan yang dihadapi guru dan siswa selama pandemi ini sangat beragam, salah satunya penerapan sekolah online membuat pembelajaran IPA tidak dapat menggunakan media pembelajaran secara langsung, maka peneliti mencetuskan ide untuk mengembangkan media pembelajaran komik berbasis digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media komik digital materi perubahan wujud benda IPA kelas V sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan dengan Model Borg and Gall namun dimodifikasi peneliti menjadi 7 langkah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini  menggunakan instrumen validasi materi, media, angket kepraktisan serta test. Hasil penelitian menunjukan validasi materi mendapat presentase 90% yang sesuasi dengan kriteria “Valid”, validasi media mendapat presentase 84% yang sesuai dengan kriteria “Valid”, kepraktisan media didapat dari angket guru dan siswa mendapatkan presentase 94,6% yang sesuai dengan kriteria “Sangat Praktis”, dan keefektifan media didapat dari hasil tes siswa yang menunjukkan seluruhnya mengalami peningkatan nilai sehingga mendapat presentase 100% yang sesuai dengan kriteria “Sangat Efektif”. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa media komik digital materi perubahan wujud benda IPA kelas V sekolah dasar valid, praktis dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata Kunci: media pembelajatan, komik digital, IPA, materi perubahan wujud benda.

Published
2021-04-13
Section
Articles