EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BUKU HARIAN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS GEGURITAN SISWA KELAS IV SDN 1 SAMBIT

  • Iska Anggi Rahmawati Universitas Negeri Surabaya
  • Heru Subrata

Abstract

Menulis geguritan merupakan salah satu kegiatan menulis yang kurang diminati oleh siswa sekolah dasar. Siswa kurang termotivasi terhadap pembelajaran bahasa Jawa sehingga menyebabkan hasil belajar siswa dalam menulis geguritan tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media buku harian dalam pembelajaran menulis geguritan siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi pembelajaran secara langsung, teknik tes, teknik pengisian kuisioner serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan siswa kelas IV SDN 1 Sambit mampu menyelesaikan tugas dengan efisiensi waktu yang baik dan mengalami peningkatan nilai dalam menulis geguritan dari 74 menjadi 82. Siswa lebih termotivasi mengikuti pembelajaran yang ditunjukkan berdasarkan respons positif sebesar 88% berdasarkan hasil pengisian kuisioner. Data tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media buku harian efektif dalam pembelajaran menulis geguritan siswa kelas IV SDN 1 Sambit.

Kata kunci: media buku harian, menulis geguritan.

Published
2021-04-19
Section
Articles
Abstract Views: 369
PDF Downloads: 209