PENGARUH MEDIA KOPEKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • Novita Riwidiyanti Universitas Negeri Surabaya
  • Budiyono Budiyono

Abstract

Penelitian yang dilakukan di SDN Tambakrejo I bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh media Kopeka terhadap hasil belajar peserta didik dan seberapa besar pengaruh media Kopeka terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen dengan bentuk desain Quasi Experimental Design menggunakan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian menggunakan peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Sampel yang digunakan yaitu kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pre-test dan post-test. Hasil pre-test dan post-test diolah menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara media kopeka terhadap hasil belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji independent t-test yaitu 0,00 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil uji N-Gain pada kelas kontrol sebesar 0,4693 sedangkan kelas eksperimen sebesar 0,6961 sehingga menunjukkan adanya peningkatan lebih tinggi pada kelas eksperimen daripada kelas kontrol. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media Kopeka sangat membantu peserta didik dalam memahami permasalahan pada materi pelajaran dan berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik.

Kata Kunci: Media Kopeka, Hasil Belajar, Matematika SD.

Published
2021-04-19
Section
Articles
Abstract Views: 150
PDF Downloads: 101