PENGARUH MEDIA MUQUBO TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS III SEKOLAH DASAR

  • Putri Ayu Wandira Universitas Negeri Surabaya
  • Budiyono Budiyono

Abstract

Abstrak

Masih banyaknya peserta didik yang mengalami kesukaran dan memerlukan waktu yang panjang saat menyelesaikan materi hitung perkalian menjadi latar belakang dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media muqubo atau multiplication quiz box terhadap hasil belajar peserta didik pada materi perkalian kelas III SDN 149 Gresik. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian quasi eksperimental dengan desain penelitiannya non equivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini memakai teknik nonprobability sampling. Pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik test berupa soal pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya terdapat pengaruh yang signifikan media muqubo atau multiplication quiz box terhadap hasil belajar peserta didik. Terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen yang telah diberikan treatmen menggunakan media muqubo dengan perolehan rata-rata posttest 86,50 dan kelas kontrol yang tanpa mendapatkan treatmen dengan memperoleh rata-rata 66,00.  Hal ini terbukti dengan hasil yang diperoleh dari uji T dengan perolehan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media muqubo terhadap hasil belajar peserta didik kelas III SDN 149 Gresik sehingga media muqubo dapat digunakan sebagai alternatif media untuk menunjang kegiatan pembelajaran.

Kata Kunci: Pengaruh, MUQUBO, Hasil Belajar, Perkalian.

               

Abstract

There are still many students who have difficulties and require a long time when completing the multiplication count material is the background of this study. This present study aims at knowing the influence of using muqubo media or multiplication quiz box towards the students’ learning outcomes in the multiplication material of 3rd class SDN 149 Gresik. The study used quasi experimental research with a non equivalent control group design. The sample in this study used a nonprobability sampling technique. The data was collected using test technique in the form of pretest and posttest. The results showed that there was a significant influence of muqubo media or multiplication quiz box towards the students’ learning outcomes. There was a significant difference between experimental class that had been given treatment using muqubo media with the acquisition of an average posttest 86,50 and the control class without getting a treatment with an average score 66,00. It was evidenced by the results obtained from the T test with sig. level (2-tailed) were 0,00<0,05. Based on the research results conducted, it concludes that there is a significant influence of using muqubo media towards the students’ learning outcomes of 3rd class SDN 149 Gresik. Therefore, muqubo media can be used as an alternative media to support the learning activities.

Keywords: The Influence, MUQUBO, Learning Outcomes, Multiplication.

Published
2021-04-19
Section
Articles
Abstract Views: 99
PDF Downloads: 135