Pengembangan Media Pembelajaran Tiga Dimensi “Televisi Ajaib” Berbasis Sosiodrama Materi Proklamasi Kemerdekaan Kelas V Sekolah Dasar

  • Ellenna Ayu Maywulandari Universitas Negeri Surabaya
  • Putri Rachmadyanti

Abstract

Media tiga dimensi “Televisi Ajaib” berbasiso sosiodrama adalah media yang berbentuk televisi berongga dengan wayang tokoh proklamasi sebagai peran dalam menceritakan peristiwa proklamasi.Media tersebut memberikan suasana yang nyata mengenai peristiwa proklamasi untuk siswa. Sedangkan wayang tokoh proklamasi memudahkan siswa untuk mengingat dengan baik nama tokoh, peristiwa proklamasi, serta peran setiap tokoh.Dalam penelitian pengembangan ini mempunyai tujuan dalam mengetahui kevalidan serta kelayakan dari media media pembelajaran Tiga Dimensi “Televisi Ajaib” berbasis sosiodrama dalam materi Proklamasi Kemerdekaan kelas V di SD Negeri Tulungrejo II Kabupaten Madiun.Penelitian ini menggunakan penelitian R&D (Research and Development) dengam model sugiyono terbagi sepuluh tahap tetapi penelitian media “Televisi Ajaib” menggunakan tujuh tahap dikarenakan kondisi pandemi Covid-19,terbatasnya suatu biaya ,serta tenaga yang tidak memungkinkan. Subjek menggunakan 6 siswa kelas V SDN Tulungrejo II Madiun. Intrumen menggunakan lembaran validasi (materi maupun media ) serta lembaran angket (guru maupun siswa). Teknik analisis suatu data menggunakan analisis dari data validasi serta analisis dari data angket. Hasil penelitian memperoleh kevalidan materi 94,3% sedangkan kevalidan media 88,2%. Untuk hasil dari angket guru mendapatkan 95% sedangkan angket siswa 98%.Hasil akhir penelitian pengembangan ini menyimpulkan media pembelajaran tiga dimensi “Televisi Ajaib” berbasis sosiodrama sangat valid serta sangat layak jika digunakan untuk media IPS materi proklamasi kemerdekaan kelas V sekolah dasar.

 

Kata Kunci :Media Pembelajaran, Televisi Ajaib,Proklamasi

 

 

 

Published
2021-04-19
Section
Articles
Abstract Views: 131
PDF Downloads: 141