MUATAN LITERASI LINGKUNGAN BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL PADA WISATA ALAM GOSARI (WAGOS) SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SEKOLAH DASAR

  • Leni Rohmawati Universitas Negeri Surabaya
  • Ganes Gunansyah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis muatan literasi lingkungan berdasarkan persepsi masyarakat dan praktik yang mengarah pada kearifan lokal di wisata alam Gosari serta pemanfaatannya sebagai sumber belajar di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi masyarakat lokal terhadap keberadaan wisata alam Gosari sangat positif serta memiliki implikasi yang baik dalam aspek sosial dan ekonomi. Terdapat praktik kearifan lokal yang berlangsung di kawasan wisata alam Gosari yang dapat digunakan sebagai sumber belajar di sekolah dasar. Selain itu, terdapat muatan literasi lingkungan berorientasi kearifan lokal pada kawasan wisata alam Gosari (Wagos) sebagai sumber belajar di sekolah dasar. Muatan materi yang terkandung dan sesuai dengan mata pelajaran di sekolah dasar adalah Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Matematika, PPKn, PJOK, dan SBdP. Muatan materi tersebut didapatkan dari berbagai aspek yang terkandung pada kawasan wisata alam Gosari yaitu sejarah, sosial, ekonomi, pendidikan, dan objek daya tarik wisata.

Kata Kunci: literasi lingkungan, kearifan lokal, wisata alam Gosari, sumber belajar

Published
2021-04-19
Section
Articles
Abstract Views: 192
PDF Downloads: 189