PENGEMBANGAN MEDIA E-COMIC PADA MATERI GAYA DAN GERAK KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • Dwi Annisa Yunawan Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Faridah Istianah

Abstract

Kurangnya penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran pada saat masa pandemi saat ini mengakibatkan kurangnya pemahaman serta rasa kebosanan terhadap materi yang telah diajarkan guru. Hal ini mengakibatkan hasil belajar peserta didik terhadap pembelajaran IPA rendah. Dengan begitu peneliti melaksanakan pengembangan media pembelajaran E-Comic berbasis smartphone android pada materi gaya dan gerak berdasarkan pada lingkungan dan kehidupan sehari-hari peserta didik sehingga dapat menambah pemahaman dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-comic yang layak berdasarkan kevalidan, kepraktisan serta keefektifan media e-comic dalam meningkatkan hasil belajar materi gaya dan gerak siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini masuk kedalam jenis penelitian Research and Development (R&D) oleh Borg and Gall yang memiliki 10 tahap penelitian kemudian di sederhanakan menjadi 7 tahapan yaitu, mencari potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi produk, uji coba produk dan revisi produk akhir. Akibat adanya pandemi covid-19, uji coba produk dilaksanakan dengan jumlah siswa terbatas yaitu 8 siswa kelas IV sekolah dasar. Kevalidan media dapat diketahui melalui validasi media dan diperoleh persentase 86,7% dan validasi materi sebesar 85,5% yang berarti sangat valid untuk digunakan. Kepraktisan media dapat diketahui melalui hasil angket respon oleh siswa memperoleh persentase 100% dan hasil angket respon guru sebesar 100% pada uji coba produk yang berarti sangat praktis untuk digunakan. Kemudian pada keefektifan media diperoleh persentase ketuntasan belajar sebesar 100% dan N-Gain 0,71 dengan kategori peningkatan hasil belajar yang tinggi yang berarti sangat efektif untuk digunakan. Sehingga, media e-comic pada materi gaya dan gerak dapat dikatakan layak untuk digunakan.

Kata Kunci: pengembangan media, media e-comic, gaya dan gerak.

Published
2021-04-20
Section
Articles
Abstract Views: 589
PDF Downloads: 345