CANDI PARI SIDOARJO JAWA TIMUR SEBAGAI SUMBER BELAJAR BERBASIS ETNOPEDAGOGI DI SEKOLAH DASAR

  • Nuril Mufidah Universitas Negeri Surabaya
  • Suprayitno Suprayitno

Abstract

Penelitian ini mengidentifikasi Candi Pari sebagai sumber belajar berbasis etnopedagogi di sekolah dasar. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan karakteristik Candi Pari yang merupakan wujud kearifan lokal berupa cagar budaya di Sidoarjo, mendeskripsikan muatan materi sekolah dasar pada Candi Pari, dan mendeskripsikan relevansi materi pada Candi Pari ke dalam muatan materi tematik integratif kelas 5 di sekolah dasar. Pendekatan penelitian ini penggunakan pendekatan kualitatif melalui metode etnografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Candi Pari dapat dijadikan sumber belajar berbasis etnopedagogi di SD, karena pada bangunan Candi Pari terkandung muatan materi tematik integratif. Materi etnopedagogi yang dapat ditemukan yakni PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, SBdP, PJOK, dan Agama. Selain itu, penggunaan Candi Pari sebagai sumber belajar dapat meningkatkan pengetahuan peserta didik mengenai pentingnya menjaga kearifan lokal di daerahnya sehingga melahirkan generasi muda cinta budaya.

Kata Kunci: candi, sumber belajar, etnopedagogi.

  

Published
2021-04-20
Section
Articles
Abstract Views: 679
PDF Downloads: 989