PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL MATERI SEJARAH PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Windy Tri Cahyani Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Suprayitno Suprayitno

Abstract

Permasalahan media pembelajaran di sekolah menjadi suatu hal yang berpengaruh dalam proses pelaksanaan pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kelayakan media komik digital (Ebook) pada materi Peristiwa perjuangan seputar proklamasi kemerdekaan Indonesia untuk siswa kelas V di UPT SD 200 Gresik. Komik ini memaparkan peristiwa proklmasi kemerdekaan Indonesia yang dilengkapi dengan gambar ilustrasi. Dalam pengembangan media komik digital (Ebook) menggunakan model pengembangan Borg & Gall Research and Development (R&D). Media divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta telah diujicobakan kepada siswa kelas V UPT SD 200 Gresik. Hasil persentase kriteria yang diperoleh dari validasi ahli materi sebesar 83,33% dan ahli media sebesar 85,47%. Dalam uji lapangan terbatas diperoleh hasil 86,71% dan uji lapangan luas sebesar 91,18%. Sehingga media ini layak digunakan.

Kata Kunci: Pengembangan, Media Komik Digital, Ilmu Pengetahuan Sosial

Published
2021-04-20
Section
Articles
Abstract Views: 805
PDF Downloads: 690