Pengembangan Media Ilustrasi Penunjang Siswa Melestarikan Sejarah Pahlawan Nasional (Jas Merah Panas) pada Tema 5 Pahlawanku untuk Siswa Kelas IV

  • afrizal firdaus Universitas Negeri Surabaya
  • Mulyani Mulyani

Abstract

Abstrak

Pembelajaran IPS memiliki konsep dasar yang bermanfaat, karena dalam proses pembelajaran peserta didik diharapkan dapat mengaitkan berbagai fakta, gagasan, peristiwa-peristiwa dari materi yang diperoleh sehingga peserta didik dapat lebih mudah menarik kesimpulan dari topik materi yang diajarkan oleh guru. Hambatan dalam pembelajaran IPS adalah kurangnya minat peserta didik dikarenakan ilustrasi yang terdapat dalam modul yang digunakan sehari-hari dirasa kurang dan lebih condong bersifat tekstual. Hal ini dapat diatasi dengan mengembangkan media yang mudah dan murah digunakan namun tetap menarik perhatian peserta didik, yaitu media ilustrasi. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan proses pembuatan media ilustrasi untuk pembelajaran mengenal tokoh-tokoh pahlawan pada tema 5 kelas IV sekolah dasar dan 2) mendeskripsikan kevalidan media iustrasi untuk pembelajaran mengenal tokoh-tokoh pahlawan nasional pada tema 5 kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan angket validasi. Media ini dikembangkan dengan metode R&D (Research & Development) menggunakan procedural ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) dan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Hasil penelitian ini menunjukkan skor yang didapat dari ahli materi adalah sebesar 70% dan 77,5%, sedangkan ahli media memberikan skor sebesar 87,5% dan 80% sehingga media ini masuk ke dalam kriteria layak digunakan untuk mendukung pembelajaran IPS kelas IV SD pada tema Pahlawanku.

Kata Kunci: Pengembangan, Media Ilustasi, Sejarah.

 

Published
2021-04-29
Section
Articles
Abstract Views: 79
PDF Downloads: 28