EKSPLORASI GEOMETRI PADA JAJANAN TRADISIONAL DI LAMONGAN SEBAGAI IMPLEMENTASI ETNOMATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

  • Novi Feranda Febrianti Universitas Negeri Surabaya
  • Delia Indrawati

Abstract

Pembelajaran matematika dapat dikaitkan dengan kearifan lokal/budaya setempat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan unsur geometris serta unsur filosofis yang ada pada jajanan tradisional di Lamongan, selain itu juga untuk mengetahui persepsi guru SD terhadap hasil eksplorasi jajanan tradisional Lamongan yang memuat unsur-unsur geometri matematika sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pada penelitian ini, subjek penelitian yang dimintai informasi adalah pembuat jajanan tradisional Lamongan dan guru sekolah dasar. Hasil eksplorasi dan analisis data penelitian ini dapat diketahui bahwa terdapat konsep geometri pada jajanan tradisional di Lamongan. Konsep-konsep geometri yang terdapat pada jajanan tersebut meliputi : 1) bangun datar (persegi, jajargenjang, segitiga, lingkaran, dan belah ketupat). 2) bangun ruang (bola, kubus, balok, kerucut, prisma segitiga, dan tabung). Menurut Luli, guru MI Muhammadiyah 02 Patihan Babat, berpendapat bahwa hasil eksplorasi pada jajanan tradisional di Lamongan sudah menunjukkkan bahwa dalam jajanan tersebut memuat unsur geometri di SD. Sebelumnya di MI sendiri sudah menerapkan etnomatematika menggunakan budaya lokal, seperti menggunakan topi yang berbentuk kerucut sebagai sumber belajar geometri. Hasil eksplorasi ini dapat digunakan untuk sumber belajar baru dalam pembelajaran matematika. Dimulai dengan menunjukkan gambar terlebih dahulu kepada peserta didik, kemudian menunjukkan bentuk asli dari jajanan tersebut, langkah terakhir adalah membuat jajanan berbentuk geometri.
Kata Kunci: etnomatematika, pembelajaran matematika, geometri, jajanan tradisional Lamongan

Published
2021-04-29
Section
Articles
Abstract Views: 530
PDF Downloads: 956