PENGEMBANGAN BUKU CERITA “KEAJAIBAN LAB SEKOLAH” DALAM PEMBELAJARAN SISTEM PERNAPASAN MANUSIA UNTUK SISWA KELAS V SD

  • Afif Imanu Roudhotul Janah Universitas Negeri Surabaya
  • Mintohari Mintohari

Abstract

Buku cerita “Keajaiban Lab Sekolah” merupakan media pembelajaran yang dikembangkan untuk mempelajari materi sistem pernapasan manusia. Materi pembelajaran tersebut terinspirasi dari banyaknya penyakit sistem pernapasan di Indonesia. Penelitian bertujuan mengembangkan buku cerita “Keajaiban Lab Sekolah” yang layak, praktis, dan efektif untuk mempermudah siswa mempelajari sistem pernapasan manusia. Penelitian model Borg & Gall 8 tahap ini dilakukan pada 2 SDN di Kabupaten Sidoarjo. Media dinyatakan sangat valid dengan mendapat persentase 94,67% (validasi media) dan 91,43% (validasi materi). Media dinyatakan sangat praktis dengan mendapat persentase uji coba produk oleh guru dan siswa 83,33%, persentase uji coba pemakaian oleh guru 100%, dan persentase uji coba pemakaian oleh siswa 97,78%. Media dinyatakan efektif dengan mendapat persentase ketuntasan belajar siswa 93,33% dan peningkatan belajar siswa 0,37 dengan kategori sedang. Oleh sebab itu, buku cerita “Keajaiban Lab Sekolah” layak digunakan sebagai media pembelajaran karena dapat  mempermudah siswa mempelajari sistem pernapasan manusia dan pembelajaran dikemas dalam cerita petualangan yang digemari anak.

Kata Kunci: pengembangan, buku cerita, sistem pernapasan manusia.

Published
2021-04-29
Section
Articles
Abstract Views: 106
PDF Downloads: 71