PENGEMBANGAN MEDIA GAME SCIENCE ADVENTURE BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • geanita mega oktavia Universitas Negeri Surabaya
  • Mintohari Mintohari

Abstract

Perkembangan IPTEK dalam dunia pendidikan sangat mempengaruhi kualitas pendidikan dan pembelajaran di Indonesia. Sehingga dalam dunia pendidikan memanfaatkan teknologi dan komunikasi sebagai inovasi media untuk menyampaikan pengetahuan yang dikemas secara menarik sehingga dapat meningkatkan hasil belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujun untuk mengembangkan game “Science Adventure” yang layak untuk meningkatkan hasil belajar. Media game “Science Adventure” dinyatakan layak apabila valid, praktis, dan efektis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Dalam penelitian ini hanya melaksanakan sampai tahap pengembangan saja. Hasil penelitian ini bahwa media Game Science Adventure dinyatakan sangat valid dengan perolehan skor perserntase validasi media 84,44% dan skor persentase validasi materi 83,33%. Dari uji coba media Game Science Adventure dinyatakan sangat praktis dengan perolehan skor persentase respon oleh guru dan siswa yaitu 100% dan 93,33% Media Game Science Adventure dinyatakan sangat efektif dengan perolehan skor persentase ketuntasan belajar 90% dan peningkatan 0,48 dengan kategori sedang.

Kata Kunci: Pengembangan, Game Science Adventure, Sifat-sifat Cahaya.

Published
2021-04-29
Section
Articles
Abstract Views: 150
PDF Downloads: 163