Pengembangan Handout Membaca Menulis Permulaan Berbantu Aplikasi Microsoft Office 365 Sway untuk Siswa Kelas I Sekolah Dasar

  • Indah Budi Astutik Universitas Negeri Surabaya
  • Asri Susetyo Rukmi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses pengembangan handout membaca menulis permulaan
berbantu aplikasi Microsoft Office 365 Sway untuk siswa kelas I sekolah dasar dan mengetahui kualitasnya
dari segi kevalidan dan kepraktisan bahan ajar berupa handout. Jenis penelitian ini adalah penelitian
pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE. Model pengembangan
ADDIE terdiri atas 5 tahap yaitu tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap
implementasi, dan tahap evaluasi. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi dan lembar angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan handout melalui tahap analisis, desain,
pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Adapun kevalidan handout menunjukkan bahwa hasil validasi
ahli media memperoleh nilai sebesar 88 dan hasil validasi ahli materi memperoleh nilai sebesar 97.
Kepraktisan handout menunjukkan bahwa hasil angket respon siswa memperoleh nilai sebesar 100 dan
hasil angket respon guru memperoleh nilai sebesar 100. Berdasarkan hasil kevalidan dan kepraktisan
tersebut, dapat disimpulkan bahwa kevalidan media dan materi termasuk dalam kategori sangat valid dan
kepraktisan handout termasuk dalam kategori sangat praktis.
Kata Kunci: pengembangan, handout, Microsoft Office 365 Sway, membaca menulis permulaan.

Published
2021-05-06
Section
Articles
Abstract Views: 129
PDF Downloads: 287 PDF Downloads: 42