Pengembangan Media Pop Up Book Berbasis Literasi Lingkungan Untuk Siswa Kelas V Di SDN Bulay 1 Pamekasan

  • Ulfa Qurratul Aini Universitas Negeri Surabaya
  • Ganes Gunansyah

Abstract

Penelitian ini mengembangkan media Pop Up Book berbasis literasi lingkungan dengan tujuan (1)
memaparkan desain pengembangan media Pop Up Book berbasis literasi lingkungan (2) mengetahui
kelayakan media Pop Up Book berbasis literasi lingkungan (3) mengetahui keefektifan media Pop Up
Book berbasis literasi lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan
(R&D) dengan model 4D. Subjek penelitian yang digunakan yaitu 23 siswa kelas V di SDN Bulay 1
Pamekasan yang dipilih secara random. Penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket, dan tes
sebagai instrumen pengumpulan datanya. Hasilnya, kevalidan media memperoleh persentase 93,33%
(validasi media) dan kevalidan materi memperoleh persentase 86,7% (validasi materi) dengan kategori
sangat layak untuk digunakan, serta perolehan rata-rata peningkatan hasil belajar siswa 0,42 dengan
kategori peningkatan sedang.


Kata Kunci: Pop Up Book, literasi lingkungan, pelestarian lingkungan

Published
2021-05-06
Section
Articles
Abstract Views: 342
PDF Downloads: 157