PENGEMBANGAN E-MODUL MELALUI KVISOFT FLIPBOOK MAKER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI LINGKUNGAN SISWA SEKOLAH DASAR

  • Amma Maghfiroh Universitas Negeri Surabaya
  • Ganes Gunansyah

Abstract

Abstrak
Penelitian pengembangan e-modul melalui kvisoft flipbook bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar e-modul menggunakan kvisoft flipbook serta peningkatannya terhadap kompetensi siswa SDN Mojoruntut 3 Krembung Sidoarjo khususnya berkaitan dengan kesadaran terhadap lingkungan. Metode yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan dengan model 4D dengan tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Sampel dalam penelitian ini sebanyak 5 siswa uji coba skala kecil dan 8 siswa uji coba skala besar atau lapangan. Instrument yang digunakan yaitu lembar validasi dan lembar penilaian pretest dan posttest. Hasil kevalidan media memperoleh presentase sebesar 80% (validasi media) dan 93,33% (validasi materi) serta hasil keefektifan media menggunakan rumus N-Gain memperoleh peningkatan sebesar 0,41, dan rata-rata hasil belajar siswa menggunakan uji t-test yaitu pretest 65,63 < posttest 80,00. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul melalui Kvisoft Flipbook layak untuk digunakan untuk pembelajaran siswa di sekolah dasar.
Kata Kunci: Pengembangan E-modul, Kvisoft Flipbook Maker, Kemampuan literasi lingkungan

Published
2021-05-06
Section
Articles
Abstract Views: 180
PDF Downloads: 82 PDF Downloads: 110