PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI SIKLUS AIR KELAS V SEKOLAH DASAR

  • siska novita sari Universitas Negeri Surabaya
  • farida istianah

Abstract

Penelitian pengembangan ini didasarkan pada permasalahan dalam kegiatan pembelajaran yang cenderung masih pasif dan hanya berfokus pada guru membuat siswa merasa bosan dan mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif materi siklus air yang layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Media dikatakan layak jika valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang dipergunakan yaitu penelitian pengembangan (Research and Development) oleh Borg and Gall yang memiliki 10 langkah pengembangan dan dibatasi oleh peneliti sampai 7 langkah pengembangan karena adanya pandemi  covid-19. Subjek penelitian ini menggunakan 8 siswa kelas V UPT SDN 191 Gresik. Jenis data dalam penelitian ini yaitu kualitatif dan kuantitatif yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif berupa saran dan masukan dari validator serta presentase hasil validasi, kuisioner respon pengguna, serta hasil Posttest-Pretest. Kevalidan didapatkan berdasarkan hasil validasi media dengan presentase 89,58% (sangat valid) dan validasi materi dengan presentase 87,5% (sangat valid). Kepraktisan media didapatkan berdasarkan hasil kuisioner respon siswa dengan presentase 98,75% (sangat praktis) dan kuisioner respon guru dengan presentase 100% (sangat praktis). Sedangkan keefektifan diperoleh berdasarkan hasil rata-rata nilai pretest yaitu 78 serta nilai posttest yaitu 85, selanjutnya dilakukan perbandingan antara rata-rata nilai pretest dan posttest, maka dapat diketahui bahwa nilai rata-rata Posttest > Pretest dengan presentase ketuntasan hasil belajar sebesar 87,5%.  Oleh karena itu dapat diambil kesimpulan bahwa multimedia pembelajaran interaktif materi siklus air sangat valid, praktis, dan efektif dipergunakan dalam pembelajaran IPA materi siklus air.

Kata Kunci: pengembangan, multimedia pembelajaran interaktif, siklus air.

Published
2021-05-06
Section
Articles
Abstract Views: 341
PDF Downloads: 285